Kamis, 28 Februari 2013

Cara Membuat Puisi Cinta Yang Romantis

Bagi rekan yang suka dengan puisi romantis, maka disini akan coba saya bagikan tips dan cara untuk membuat puisi agar romantis dan enak dibaca. Dalam pemahaman saya, puisi romantis itu tak ada aturan bakunya, intinya tuangkan ide tanpa merasa terbebani oleh pikiran yang menekan dan lepaskan semua hal yang membatasi diri. Membuat puisi cinta romantis juga tak membutuhkan tingkat pendidikan tinggi atau ijazah sarjana, sebab yang namanya puisi cinta romantis pada hakekatnya adalah suara hati kita yang paling tulus. Sehingga pada dasarnya pusi cinta romantis tak bisa dibuat buat atau dipaksakan agar dianggap romantis oleh pembacanya. Bila hal ini yang menjadi tujuan, maka percayalah bahwa puisi yang tercipta akan hampa dan kurang bermakna.

Puisi cinta romantis bisa tercipta karena ia dibuat dengan aliran perasaan yang terbebas dan terlepas dari tujuan untuk kepentingan yang bersifat ego sinetris. Maksudnya saat seorang menciptakan puisi cinta, hanya bertujuan untuk merayu, menggombali, dan meninabobokan lawan jenisnya. Jelas pusi yang punya kualitas seperti itu lama kelamaan akan kehilangan maknanya dan tak akan pernah membekas di hati pembacanya. Sebelum melangkah lebih jauh ke proses pembuatan puisi romantis, apakah kita sudah mengetahui makna dari romantis itu sendiri? Selama ini banyak orang mengartikan jika romantis itu identik dengan kesenangan, kebahagiaan, dan segala hal yang membuatnya nampak tak ada masalah. Padahal romantis tidaklah demikian, karena bila hanya kesenangan dan kebahagiaan yang ada, maka nanti ketika mulai timbul masalah dalam hubungan cinta, kita jadi punya anggapan jika sang kekasih tak romantis lagi.

Membuat puisi romantis berpedoman pada prinsip kebebasan yang didasarkan pada realita dalam suatu hubungan asmara. Penyatuan rasa bahagia dan duka, serta kepandaian kita dalam memberi makna itulah yang akan menciptakan sisi romantisme di dalam cinta. Hanya mengejar kebahagiaan dan takut dengan masalah maka lebih baik jangan pernah mengharapkan menjadi sepasang kekasih yang romantis. Karena itu sama saja, kita hanya ingin punya satu sayap untuk terbang mencapai istana bahagia yang sejati. Bukankah burung tak pernah bisa terbang bebas saat sayap yang satunya telah patah, atau enggan memakai sayap karena egoisme yang tetap menyelinap? Jadi kesimpulan penting saat kita ingin membuat puisi cinta romantis, maka pahami baik baik bahwa puisi yang kita ciptakan itu berpijak pada kebenaran, timbul dari perasaan terdalam, dan tidak sekedar hayalan yang cenderung tak punya makna apa apa, baik bagi kita maupun untuk orang yang kita cintai. Pertanyaan penting mesti dijawab dulu saat kita mau membuat puisi cinta romantis, apakah ia berguna untuk hidup kita atau sekedar coretan yang kita sendiri tak tahu maknanya? Renungkan dan selamat membuat puisi cinta romantis dengan cara terbaik yang kita bisa. Lupakan struktur bahasa, bebaskan dari segala aturan tata bahasa agar puisi cinta yang terbentuk benar benar lahir dari jiwa dan hati yang ingin berbicara untuk dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar